Penerapan Teknik Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Umum Newton
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i02.5Keywords:
Teknik Pembelajaran; Konsep siswa; Hukum Gravitasi NewtonAbstract
Hasil pembelajaran selama ini menunjukkan fisika sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan teknik pembelajaran aktif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa terhadap materi Hukum Gravitasi Umum Newton. Teknik pembelajaran aktif yang diterapkan meliputi: penggunaan multimedia, tugas membuat catatan dengan bimbingan dan pengajaran sinergi. Penerapan ketiga teknik tersebut dilakukan secara bertahap melalui dua siklus penelitian. Pada siklus pertama, pemanfaatan multimedia disertai tugas membuat catatan dengan bimbingan digunakan dalam pembelajaran, dan ternyata mampu meningkatkan penguasaa konsep siswa terhadap materi yang diajarakan, namun belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Sebagai tidak lanjut dilakukanlah siklus kedua. Teknik pembelajaran pada siklus II meliputi penggunaan multimedia, tugas membuat catatan dengan bimbingan dan pengajaran sinergis. Hasilnya ternyata perlakuan pada siklus II berhasil mencapai kriteria keberhasilan. Untuk mengukur dampak perlakuan digunakan tes penguasaan konsep sebagai instrumen utama, disamping porto polio, respon siswa, dan observasi kelas. Tes penguasaan konsep diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Rata-rata gain hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran aktif berpengaruh meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 1 terhadap materi Hukum Gravitasi Umum Newton. Ternyata beragam teknik pembelajaran aktif yang diterapkan secara sinergis dalam pembelajaran mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa secara multi sensori.