Pembelajaran Berdiferensiasi Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Materi Garis dan Sudut (SMP Negeri Satu Atap-1 Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah)

Authors

  • Desi Riyannie Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5173

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Matematika, Garis dan Sudut

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan peserta didik serta menganalisis hasil belajar dan respon peserta didik pada pembelajaran matematika berdiferensiasi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi garis dan sudut. Penelitian ini dilakukan di Desa Kiapak dengan integrasi pembelajaran luar kelas di SMP Negeri Satu Atap-1 Kahayan Kuala melalui wisata edukasi mangrove "Si Mangki". Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari lima peserta didik yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk observasi dan secara kuantitatif untuk tes hasil belajar dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan hutan mangrove di Desa Kiapak sebagai alternatif pembelajaran luar kelas sangat inovatif; (2) peserta didik menunjukkan peran aktif dan sikap positif selama pembelajaran PBL, baik di dalam maupun di luar kelas; (3) hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II, dengan tingkat ketercapaian mencapai 100% pada siklus II, dan hasil akhir tes menunjukkan ketercapaian belajar sebesar 88,2%; (4) respon peserta didik terhadap pembelajaran PBL sangat positif, dengan 100% peserta didik menunjukkan respon positif.

Downloads

Published

2024-10-17

How to Cite

Riyannie, D. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Materi Garis dan Sudut (SMP Negeri Satu Atap-1 Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah). Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(10), 864–874. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5173