Keefektifan Model PBL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • I Nengah Widiarsa SDN Amertasari Sulawesi Tenggara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.53

Keywords:

Keefektifan; IPA; PBL

Abstract

IPA merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Berdasarkan pengamatan di SD Negeri Amertasari, diketahui bahwa saat pembelajaran guru belum mengoptimalkan pembelajaran yang inovatif khususnya  pada  pembelajaran  IPA.  Pembelajaran     cenderung  berpusat  pada  guru sehingga keaktifan siswa dalam berdiskusi menjadi rendah. Implementasi model Problem Based  Learning dapat  mengaktifkan siswa karena siswa dapat melaksanakan  diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keefektifan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Amertasari.; (2) mengetaui tingkat aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning di kelas V SD Negeri Amertasari.  Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, Kelas VA sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN  Kelas VB  sebanyak  35  siswa  sebagai  kelas  kontrol.  Penelitian  ini  terdiri  dari variabel bebas adalah model Problem Based Learning, dan variabel terikat adalah hasil belajar IPA dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji Chikuadrat, uji Bartlett, uji kesamaan rata- rata pretest menggunakan uji t dua pihak, uji hipotesis mengunakan uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) adanya perbedaan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktian dengan uji t. hasil uji menujukkan nilai ttabel = 2,03 < thitung= 10,814. Kemudian skor gain yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,41 (sedang) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,27 (rendah); 2) Aktivitas siswa pada kelas eksperimen pada pertemuan 1 mencapai 4,17%, pertemuan 2 sebesar 68,81%, pertemuan 3 sebesar 70,24% dan pertemun 4 sebesar 76,19%. Sehingga rata-rata aktivitas siswa mencapai 68,9%. Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  1)  model  Problem  Based Learning efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V; 2) aktivitas siswa kelas eksperimen meningkat dari pertemuan pertama hingga pertemuan keempat dengan rata-rata mencapai 68,9%. Saran: guru seharusnya menggunakan model yang inovatif dalam setiap pembelajaran salah satunya model PBL, siswa hendaknya antusias dalam pembelajaran, sekolah hendaknya mempersiapkan media dan bahan ajar yang sesuai dengan pembelajaran

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

I Nengah Widiarsa. (2020). Keefektifan Model PBL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(04), 508–518. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.53