Partisipasi Guru Dalam Penyusunan Anggaran Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Anggaran Sekolah

Authors

  • Ramdhansyah Ramdhansyah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Surbakti Karo-karo Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5310

Keywords:

Kinerja Anggaran, Partisipasi Anggaran, Penganggaran Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh partisipasi guru dalam penyusunan anggaran sekolah terhadap kinerja anggaran sekolah. Penelitian ini penting dilakukan karena guru merupakan pihak yang sangat paham dengan kegiatan sekolah, baik pembelajaran di dalam kelas maupun aktivitas di luar kelas. Pemahaman guru terhadap seluruh kegiatan di sekolah sangat membantu manajemen sekolah, terutama dalam penyusunan anggaran sekolah. Penelitian ini menggunakan populasi guru-guru di SMA/SMK di Kota Medan. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling, dimana penentuan sampel berdasarkan keterlibatan guru dalam penyusunan anggaran sekolah. Survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner berskala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Structural Equational Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian data menunjukkan terdapat pengaruh keterlibatan guru dalam penyusunan anggaran sekolah terhadap kinerja anggaran sekolah. Hasil penelitian ini memperkuat pentingnya melibatkan guru dalam penyusunan anggaran sekolah.

Downloads

Published

2024-10-17

How to Cite

Ramdhansyah, R., & Karo-karo, S. . (2024). Partisipasi Guru Dalam Penyusunan Anggaran Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Anggaran Sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(10), 890–901. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5310