Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Online
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i12.532Keywords:
Keterampilan Menulis, Narasi, Media Gambar Seri, Pembelajaran OnlineAbstract
Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis narasi pada siswa.
Tujuan: Objek penelitian ini adalah keterampilan siswa menulis narasi dengan media gambar berseri. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I tahun pembelajaran 2020/2021, dengan dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan secara online.
Metode: Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata dan persentase.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kondisi awal adalah 52,60 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 36%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 18% dari nilai pada pra siklus dengan nilai rata-rata kelas 70,18 dengan persentase ketuntasan 54% predikat rendah. Kemudian pada siklus II meningkat kembali sebesar 46% dari nilai pada pra siklus, dengan nilai rata-rata kelas 79,40 dengan persentase ketuntasan 82% predikat tinggi.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis narasi dengan media gambar berseri dalam pembelajaran online pada siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2020/2021.