Pengaruh Metode Pembelajaran CRH Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri Amertasari
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.54Keywords:
Aktivitas belajar, Hasil belajar, Course Review HorayAbstract
Berdasarkan observasi awal di SDN Amertasari, diketahui bahwa dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah. Selain itu data dokumen menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang mencapai KKM (70) kurang dari 50%. Metode ceramah merupakan metode yang berpusat pada guru sehingga pembelajaran yang ada hanya bersifat satu arah, siswa hanya dituntut untuk duduk diam mendengarkan dan mencatat apa yang telah dijelaskan oleh guru. Metode CRH dalam pembelajaran dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran karena siswa dalam metode ini melakukan kerjasama dalam kelompok dan melakukan kuis dengan bersaing dengan kelompok lain. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode CRH terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN Amertasari. Jenis penulisan eksperimen yang digunakan dalam penulisan ini adalah Quasi-Exsperimental research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variable terikat terdiri dari aktivitas dan hasil belajar siswa dan variable bebasnya adalah metode CRH. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil data aktivitas siswa dibandingkan berdasarkan kriteria dan data hasil belajar dianalisis dengan uji gain dan uji t. Hasil penulisan menunjukkan bahwa metode Course Review Horay berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Puspita pada mata pelajaran IPS. Aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai karakteristik baik dan kelas kontrol hanya mencapai pada karakteristik cukup. Mean posttest kelompok eksperimen 64 dan mean posttest kelas kontrol 51,73. Hal ini menunjukkan indeks gain <g> kelompok eksperimen sebesar 0,417 (sedang) sedangkan <g> kelompok kontrol sebesar 0,218(rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (3,004) > ttabel (2,009) yang berarti bahwa metode CRH berpengaruh terhadap hasil belajar IPS, dan nilai Sig. (2tailed) < 0,05 yaitu 0,004 atau (1) Metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas V SDN Amertasari. (2) Metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS di kelas V SDN Amertasari” dapat diterima. Penulisan ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam ilmu pendidikan dan dapat menjadi salah satu alternatif metode yang dapat di gunakan dalam pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.