Pengenalan Literasi untuk Kemampuan Membaca dan Menulis di Kalangan Anak Muda

Authors

  • Enda Gloria NM Banurea Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Elza Leyli Lisnora Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i02.556

Keywords:

literasi;, membaca;, menulis.

Abstract

Latar Belakang: Upaya membudayakan literasi di sekolah dapat dilakukan oleh semua Guru. Semua Guru, bukan hanya Guru mata pelajaran bahasa Indonesia, dituntut menjadi motivator kegiatan literasi di sekolah, terutama bagi siswa. Jika kegiatan literasi sudah membudaya di sekolah, maka akan terbentuk generasi berkarakter saintifik. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat, peran perpustakaan tak hanya sebagai tempat untuk membaca buku, tetapi juga memantik minat masyarakat akan pentingnya literasi.

Tujuan: (1) Mengetahui bagaimana pengaruh literasi kemampuan membaca dan menulis kalangan anak muda.  (2) Bagaimana laju perkembangan membaca dan menulis anak muda yang sudah dikenalkan dengan dunia literasi.

Metode: Bentuk penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Yang berisi tentang data yang akurat dan diuji kebenarannya.

Hasil: (1) Bahwa literasi dapat mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis kalangan anak muda karena pada saat usia tersebut membaca dan menulis membutuhkan diksi atau ide yang menarik. Dan memiliki bagian yang terpenting dalam jenis tulisan yang ada. (2) Laju perkembangan membaca dan menulis dipengaruhi kemampuan literasi yang lebih cepat dan harus kreatif dalam mengembangkan tulisan yang akan dikerjakan.

Kesimpulan: .  Kegiatan literasi sangat berperan aktif dalam kegiatan membaca dan menulis. Membaca sangat dibutuhkan dalam kegiatan literasi agar mampu mengembangkan ide dalam mengembangkan kegiatan dunia tulis menulis. Ketika meningkatkan minat membaca dan menulis kita dapat mengembangkan minat tulis menulis.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Banurea, E. G. N., & Elza Leyli Lisnora Saragih. (2022). Pengenalan Literasi untuk Kemampuan Membaca dan Menulis di Kalangan Anak Muda. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(02), 182–191. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i02.556