Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Metode Daring Dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V SD Kemala Bhayangkari Kota Makassar

Authors

  • Marlina Ratte Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • R. Supardi Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • Abdul Malik Iskandar Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i02.560

Keywords:

Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Metode Daring, PTK, Hasil Belajar PKN

Abstract

Latar Belakang: Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky, Dibimbing oleh R Supardi dan Abdul Malik Iskandar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran flipped classrom dengan metode daring pada siswa kelas V SD Kemala Bhayangkari Kota Makassar.

Tujuan: Meningkatkan hasil belajar pkn dengan menggunakan model pembelajaran flipped classrom dengan metode daring pada siswa kelas V SD Kemala Bhayangkari Kota Makassar.

Metode: Pendekatan kuantitatif dengan penelitian tindakan kelas atau PTK yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil: Nilai rata-rata pada siklus I adalah 63,17%. Pada siklus II terdapat 2 siswa yang tidak tuntas dengan nilai persentase 10,53%, berada pada ategori sangat kurang, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai tuntas terdapat 17 siswa dengan nilai presentase 89,47% berada pada kateori sangat baik.

Kesimpulan: Nilai rata-rata pada siklus II adalah 81,05%. Sehingga dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dan hasil belajar siklus II yang mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan model pembalajaran flipped classroom dengan metode daring dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Kemala Bhayangkari Kota Makassar.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Ratte, M., Supardi, R., & Iskandar, A. M. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Metode Daring Dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V SD Kemala Bhayangkari Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(02), 217–226. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i02.560