LKPD Interaktif dalam Pembelajaran Berbasis Projek dalam Bentuk Hybrid Learning
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v3i02.569Keywords:
LKPD interaktif;, pembelajaran hibrida;, pembelajaran berbasis proyek.Abstract
Latar Belakang: Pembelajaran fisika pada hakikatnya mengusulkan tiga hal, yaitu sikap, produk, dan proses. Sikap mengacu pada pemikiran tentang tindakan dan tindakan orang sehingga pada akhirnya mereka dapat melakukan kegiatan ilmiah. Produk adalah kumpulan pengetahuan, fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori tentang fenomena alam. Proses adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperoleh pengetahuan atau mencari penjelasan atas fenomena alam.
Tujuan: Mengembangkan LKPD interaktif yang dapat mendukung pembelajaran bebasis projek dalam kelas Hybrid Learning.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode R&D 4D yang dimodifikasi hanya dalam 3D (Define, Design, Develop). Setelah mendapatkan respon akademik dari ahli dan direvisi, LKPD diimplementasikan pada pembelajaran dengan 21 orang peserta didik.
Hasil: Ketuntasan peserta didik dalam melakukan projek (81% peserta didik mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal) serta kepuasan peserta didik dalam menggunakan LKPD interaktif yang dianggap dapat meningkatkan motivasi peserta didik.
Kesimpulan: Produk LKPD interaktif yang dikembangkan untuk melakukan pembelajaran berbasis projek dengan metode Hybrid learning.