LKPD Interaktif dalam Pembelajaran Berbasis Projek dalam Bentuk Hybrid Learning

Authors

  • Haura Fauziyyah Halilah Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Febrina Aspyan Tari Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadi Rusdiana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i02.569

Keywords:

LKPD interaktif;, pembelajaran hibrida;, pembelajaran berbasis proyek.

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran fisika pada hakikatnya mengusulkan tiga hal, yaitu sikap, produk, dan proses. Sikap mengacu pada pemikiran tentang tindakan dan tindakan orang sehingga pada akhirnya mereka dapat melakukan kegiatan ilmiah. Produk adalah kumpulan pengetahuan, fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori tentang fenomena alam. Proses adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperoleh pengetahuan atau mencari penjelasan atas fenomena alam.

Tujuan: Mengembangkan LKPD interaktif yang dapat mendukung pembelajaran bebasis projek dalam kelas Hybrid Learning.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode R&D 4D yang dimodifikasi hanya dalam 3D (Define, Design, Develop). Setelah mendapatkan respon akademik dari ahli dan direvisi, LKPD diimplementasikan pada pembelajaran dengan 21 orang peserta didik.

Hasil: Ketuntasan peserta didik dalam melakukan projek (81% peserta didik mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal) serta kepuasan peserta didik dalam menggunakan LKPD interaktif yang dianggap dapat meningkatkan motivasi peserta didik.

Kesimpulan: Produk LKPD interaktif yang dikembangkan untuk melakukan pembelajaran berbasis projek dengan metode Hybrid learning.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Halilah, H. F., Tari, F. A. ., & Rusdiana, D. . (2022). LKPD Interaktif dalam Pembelajaran Berbasis Projek dalam Bentuk Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(02), 131–143. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i02.569