Analisis Pengaruh Kemudahan Transaksi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Penggunaan Kembali E-commerce Tik Tok Shop

Authors

  • Tri Putri Br Sembiring Universitas Kristen Duta Wacana, Indonesia
  • Astuti Yuli Setyani Universitas Kristen Duta Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5694

Keywords:

kemudahan transaksi, kepercayaan konsumen, e-commerce, tik tok shop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa faktor yang mempengaruhi penggunaan kembali e-commerce TikTok Shop. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang berarti hasilnya dapat dianalisis secara kuantitatif atau statistik. Pendekatan kuantitatif melibatkan penelitian yang dilakukan pada populasi atau sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemudahan transaksi dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap penggunaan kembali e-commerce TikTok Shop. Dari hasil uji validitas, seluruh item untuk variabel kemudahan transaksi, kepercayaan konsumen, dan penggunaan kembali dinyatakan valid karena memiliki nilai korelasi (rhitung) lebih besar dari nilai tolak ukur (rtabel) sebesar 0,239. Uji reliabilitas juga menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki Cronbach’s Alpha lebih dari 0,6, sehingga instrumen yang digunakan dinyatakan reliabel. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa semakin mudah transaksi dan semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen terhadap platform, semakin besar pula kecenderungan mereka untuk kembali melakukan pembelian di TikTok Shop.

Downloads

Published

2024-10-18

How to Cite

Sembiring, T. P. B., & Setyani, A. Y. . (2024). Analisis Pengaruh Kemudahan Transaksi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Penggunaan Kembali E-commerce Tik Tok Shop. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(10), 971–987. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5694