Keefektifan Flipped Classroom Berbasis Molview Terhadap Penguasaan Konsep Kimia, Keterampilan Kolaborasi, dan Berpikir Kritis Siswa di SMAK Tunas Harapan Bogor

Authors

  • Sufriana Winda Pasaribu SMAK Tunas Harapan Bogor
  • Rijanto Purbojo

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5699

Keywords:

flipped classroom, molview, penguasaan konsep kimia, kolaborasi, berpkir krititis

Abstract

Keterampilan abad 21 merupakan hal yang penting dalam pekerjaan di masa mendatang termasuk keterampilan kolaborasi dan keterampilan bepikir kritis. Hal tersebut berkaitan kemampuan penguasaan konsep dengan kompleksitas dan representasi kimia. Hal tersebut mendorong guru sebagai pendidik memikirkan metode pengajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat keefektifan penerapan flipped classroom berbasis molview terhadap penguasaan konsep kimia, keterampilan kolaborasi, dan berpikir kritis siswa kelas X dalam mata pelajaran kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain one-group pretest-posttest dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Responden pada penelitian terdiri atas 48 siswa kelas X di SMAK Tunas Harapan Bogor. Data yang terkumpul dianalisis mengguakan uji Wilcoxon Signed-Rank dengan menggunakan JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan flipped classroom berbasis molview dapat meningkatkan penguasaan konsep kimia siswa dengan tingkat efektivitas tinggi, 2) penerapan flipped classroom berbasis molview dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dengan tingkat efektivitas sedang, 3) penerapan flipped classroom berbasis molview dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan tingkat efektivitas sedang.

Downloads

Published

2024-10-25

How to Cite

Pasaribu, S. W., & Purbojo, R. (2024). Keefektifan Flipped Classroom Berbasis Molview Terhadap Penguasaan Konsep Kimia, Keterampilan Kolaborasi, dan Berpikir Kritis Siswa di SMAK Tunas Harapan Bogor. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(10), 1025–1044. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5699