Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas SD Negeri Praja Taman Sari dengan Metode Diskusi PKN Pada Materi Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.57Abstract
Masih banyak mata pelajaran yang belum sepenuhnya dikuasai siswa sesuai dengan standar kompetensi yang diharapkan, SD Negeri Praja Taman Sari di kelas IV terutama dalam mata pelajaran PKn tentang sistem pemerintahan desa dan kecamatan dengan penguasaan materi masih rendah, hal ini dapat dilihat dari rata- rata pencapaian nilai ketuntasan dengan tingkat ketuntasan 8%. Dari jumlah 31 siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 hanya 6 siswa. Tujuan Penelitian Ini Adalah Adalah Mendeskripsikan dan Menganalisis Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran PKn Terutama Materi Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan. Aktivitas siswa mengalami peningkatan sesuai skor rata-rata nilai siklus I 2,58 dengan kategori cukup menjadi 3,07 pada siklus II dengan kategori baik. Adapun aktivitas guru pada tabel 4.4, siklus I skor 2,31 dengan kategori cukup menjadi 3,14 dengan kategori baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada pelajaran PKn siklus I dan II mengalami peningkatan yaitu rata-rata skor siklus I 67,4 menjadi 81,3 pada siklus II. Dari olah data siklus I jumlah siswa yang tuntas 16 atau 47,6% mengalami peningkatan pada siklus II berjumlah 32 atau 94,12%. Prosentase Keberhasilan Belajar siswa berada pada rentang ≥ 80% dengan kriteria sangat tinggi dan Pencapaian Tujuan Belajar siswa pada rentang 85 – 100 % dengan kriteria berhasil dengan sangat baik (A). Penggunaan Metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa terlibat langsung dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari keantusiasan siswa dalam diskusi. Demikian pula Penggunaan media pembelajaran akan membuat kegiatan belajar mengajar lebih menarik. Sehingga akan mendorong minat siswa untuk belajar sehingga dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran