Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v3i02.586Keywords:
pembelajaran pendidikan agama islam;, Kegiatan Pembelajaran;, hasil belajar;, keterampilan proses pendekatan model pembelajaran.Abstract
Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktivitas dan hasil belajar pendidikan agama islam melalui pendekatan keterampilan proses (PKP) kelas XI IPA.2 SMA Negeri 1 Sukoharjo. Pendekatan kuantitatif dengan penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dianggap berhasil jika 85% siswa (class study) mencapai nilai ketuntasan rata-rata 75, jika kemampuan belajar siswa meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pendekatan keterampilan proses efektif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan agama islam siswa di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 64.83 % pada Siklus l, dapat meningkat menjadi 75.52 % pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 82.41 %.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.