Explorasi Tingkat Kedisiplinan Mahasiswa Mengumpulkan Tugas Online Pembelajaran Bahasa Inggris yang Diselenggarakan oleh Arizona State University
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5903Keywords:
kuliah bahasa Inggris, tingkat kedisiplinan, tugas onlineAbstract
Kegiatan pembelajaran online untuk mata kuliah bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh pihak Arizona State University sudah berlangsung dua tahun di Universitas Esa Unggul. Kali ini peneliti ingin mengeksplorasi kedisiplinan mahasiswa dalam mengumpulkan tugas yang diberikan oleh pihak Arizona State University setiap selesai pembelajaran online yang diselenggaraan setiap minggu dikarenakan tidak adanya penguncian akses tugas setiap minggunya yang seharusnya sebelum pertemuan selanjutnya di sesi minggu depan harus sudah tuntas dan dikunci oleh sistem. Dengan tidak adanya sistem penguncian akses tugas itu peneliti ingin melihat seberapa banyak mahasiswa yang tepat waktu (sebelum pertemuan sesi selanjutnya) dengan mahasiswa yang hanya menyerahkan tugas namun tidak tepat waktu. Penelitian ini didukung data primer yang dikumpulkan penulis dari kelas mata kuliah bahasa Inggris 2 semester genap 2023/2024 sebagai pengajar di kelas yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus terhadap permasalahan sejauh mana ketepatan mengirimkan tugas secara online pada mata kuliah bahasa Inggris 2 yang dikelola oleh provider dari luar yaitu Arizona State University berapa banyak mahasiswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu dan berapa banyak mahasiswa yang hanya sebagai persyaratan kehadiran mereka mengerjakan tugas dan dilihat berapa lama mahasiswa yang terlambat mengerjakan tugas. Dengan adanya penelitian ini diharapkan ke depannya pihak penyelenggara mata kuliah bahasa Inggris ini bisa mengantisipasi tingkah pola mahasiswa dalam mengirimkan tugas
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Linda Purnamasari, Youna Cathrine Bachtiar, Noviandi Noviandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.