Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i01.6Keywords:
Gaya kepemimpinan; budaya organisasi; kinerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan dan budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru SMK Syntax Business School (SBS) Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif evaluatif. Subjek yang diteliti adalah Guru SMK Syntax Business School (SBS) Kuningan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukandengan mereduksi data, mendisplay data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru dapat dipengaruhi beberapa faktor diantaranya dengan peran kepala sekolah yang harus memotivasi dan memberikan perhatian kepada guru-guru, kedisiplinan kepala sekolah dan kebijaksanaan kepala sekolah dalam segala hal, budaya organisasi daalam meninnggkatkan kinerja dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pembuatan peraturan dan atata tertib untuk guru dan siswa dan kemudian adanya kerjasama tim yang kuat, perencanaan kinerja guru dalam meningkatkan kinerja guru dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah pemberian pembekalan kepada guruguru, mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan penataran atau pelatihan, dan pemberian tugas kepada guru-guru. . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan motovatif dan budaya organisasi yang kuat dapat meningkatkan kinerja guru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.