Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dengan Metode Blended Learning’s Station Rotation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis

Authors

  • Sisda Ferlianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mohammad Syamsul Mu’iz SMA Telkom Bandung, Indonesia
  • Didi Teguh Chandra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i03.625

Keywords:

Pembelajaran Campuran, Rotasi Stasiun, Fisika

Abstract

Penelitian dilakukan di salah satu sekolah swasta di Kabupaten Bandung dengan jumlah siswa kelas XI sebanyak 20 siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Blended Learning ’ s station rotation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tekanan hidrostatis. Metode penelitian ini menggunakan Pre-testing adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabilitas terhadap variabel lain tanpa adanya variabel kontrol. Nilai N-gain menunjukan peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah penerapan metode Blended Learning ’s station rotation pada materi tekanan hidrostatis. Hanya unit eksperimen tanpa unit kawalan digunakan dalam kajian ini. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan alat pre-post, menghasilkan N-Gain sebesar 0,54, kelas menengah.

Downloads

Published

2022-03-19

How to Cite

Ferlianti, S., Syamsul Mu’iz, M. ., & Chandra, D. T. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dengan Metode Blended Learning’s Station Rotation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(03), 266–272. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i03.625