Analyzing the Students Pronounciation of Alphabet through IPA (International Phonetics Alphabet) at 4th Grade Students

Authors

  • Yunita Saputri Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Dian Riani Said Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Fahriadi Muhdar Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i12.6304

Keywords:

Fonetik, Internasional Fonetik Alfabet (IPA), Pengucapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran Fonetik Alfabet khusus nya penggunaan International Phonetics Alphabet (IPA) dalam meningkatkan kemampuan pelafalan Bahasa Inggris siswa kelas 4 SD 38 Janna-jannaya yang berjumlah 18 siswa, di Desa Bonto Majannang Kec. Sinoa, Kab. Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus untuk mengamati interaksi siswa selama 6 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan angket yang di isi oleh siswa untuk mengevaluasi tingkat antusiasme mereka selama pembelajaran Fonetik. Hasil dari angket yang diberikan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat kepuasan dan antusiasme selama pembelajaran Fonetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran IPA membantu siswa mengenali dan melafalkan bunyi Bahasa Inggris. Perbedaan tingkat pemahaman siswa dan kesulitan dalam memahami fonetik adalah masalah yang diatasi melalui teknik interaktif. Studi ini menemukan bahwa pengaplikasian IPA dapat meningkatkan pelafalan siswa dan menciptakan fondasi Bahasa Inggris yang lebih kuat di tingkat dasar. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Fonetik menggunakan pendekatan IPA memberikan dampak signifikan terhadap pelafalan Bahasa Inggris siswa.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Saputri, Y., Said, D. R., & Muhdar, F. . (2024). Analyzing the Students Pronounciation of Alphabet through IPA (International Phonetics Alphabet) at 4th Grade Students. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(12), 659–670. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i12.6304