Perancangan Buku Aktivitas Interaktif Sebagai Media Edukasi dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia 4-6 Tahun

Authors

  • Paulina Ayu Pradana Putri Kofan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Birmanti Setia Utami Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Peni Pertiwi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i12.6306

Keywords:

Buku Aktivitas Interaktif, Kepercayaan Diri, Media Edukasi

Abstract

Kepercayaan diri merupakan faktor penting dalam perkembangan anak usia dini, karena memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan kedewasaan anak secara keseluruhan. Oleh karena itu, berbagai keterampilan yang dimiliki anak dalam kelompok usia ini harus terus diasah dan dioptimalkan. Tujuan utama dari menumbuhkan rasa percaya diri pada anak usia 4-6 tahun adalah untuk memberdayakan mereka agar mampu mengeksplorasi dan mempelajari lingkungan mereka secara efektif sesuai dengan standar pencapaian perkembangan, khususnya dalam aspek sosial-emosional seperti kesadaran diri. Misalnya, anak harus mampu menunjukkan rasa percaya diri dengan bersedia tampil di depan umum, memiliki rasa percaya diri, terlibat dalam interaksi sosial dengan teman sebaya, dan mempertahankan pandangan positif terhadap aktivitas mereka. Dari permasalahan yang ada, sangat penting untuk mengembangkan media yang dapat mendidik dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak melalui metode yang menyenangkan dan konstruktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami dan menjelaskan berbagai isu seputar penerapan media edukasi, khususnya buku aktivitas interaktif. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini akan dianalisis secara komprehensif untuk memberikan perspektif terperinci yang dapat menjadi referensi untuk tujuan desain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang efektivitas buku aktivitas interaktif sebagai alat untuk mengembangkan rasa percaya diri anak. Harapan dalam penelitian ini, media ini juga dapat merangsang minat siswa dalam membaca dan meningkatkan kemampuan konsentrasi mereka. Oleh karena itu, penelitian ini tidak hanya berkontribusi pada peningkatan rasa percaya diri anak, tetapi juga berfungsi sebagai sumber belajar tambahan yang mendukung penyampaian materi kepada anak dengan cara yang mudah dipahami.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Putri Kofan, P. A. P., Utami, B. S. ., & Pertiwi, P. (2024). Perancangan Buku Aktivitas Interaktif Sebagai Media Edukasi dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia 4-6 Tahun . Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(12), 751–769. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i12.6306