Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Lesson Study

Authors

  • Yeyen Suryani Universitas Kuningan, Indonesia
  • Entin Jumantini Universitas Kuningan, Indonesia
  • Dede Jusup Ramadan Universitas Kuningan, Indonesia
  • Iskandar Iskandar Universitas Kuningan, Indonesia
  • Rani Tania Pratiwi Universitas Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.6641

Keywords:

Model Project Based Learning (PJBL), Lesson Study, Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervaratif dalam proses pembelajaran di kelas, yang mengakibatkan mahasiswa bosan dan berdampak pada hasil pembelajaran yang tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan dan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas eksperimen yang mendapatkan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study dengan mahasiswa kelas kontrol yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest, Non Equivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 A sebagai kelas kontrol dan semester 3 B  sebagai kelas eksperimen dengan jumlah mahasiswa 72 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa Pilihan Ganda Kompleks (PGK) berjumlah 30 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan dan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas eskperimen yang mendapatkan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study dengan mahasiswa kelas kontrol yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa serta terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa antara mahasiswa kelas eksperimen yang mendapatkan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study dengan mahasiswa kelas kontrol yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL).

Downloads

Published

2025-01-16

How to Cite

Suryani, Y., Jumantini, E. ., Ramadan, D. J. ., Iskandar, I., & Pratiwi, R. T. . (2025). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Lesson Study . Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 14–22. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.6641