Analisis Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Ibadah Haji Menggunakan Model Hajjsequal Pada Jemaah Haji Provinsi Daerah Khusus Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.6944Keywords:
Kualitas Pelayanan, Hajjsequal, Ibadah Haji, JemaahAbstract
Kepuasan pelayanan publik terhadap pelayanan pemerintah masih banyak digunakan dan berguna untuk memberikan informasi kepada pembuat kebijakan mengenai ruang yang mungkin untuk perbaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji menggunakan model Hajjsequal pada Jemaah haji Provinsi Daerah Khusus Jakarta. Penelitian menggunakan mixed methods yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengolahan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria populasi dan sampel penelitian. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 193 Jemaah haji di wilayah Provinsi Daerah Khusus Jakarta. Metode pengambilan sampel adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan dalam penyelenggaraan haji dari sudut pandang Jemaah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penilaian kualitas penyelenggaraan ibadah haji 2024 untuk Jemaah Haji Provinsi Daerah Khusus Jakarta menggunakan model Hajjsequal mencakup lima dimensi: kesehatan, bimbingan, akomodasi, transportasi, dan fasilitas lainnya. Untuk seluruh dimensi harus menjadi perhatian pemerintah agar kepuasan Jemaah dapat meningkat.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yoga Tri Hutomo, Heri Fathurahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.