Analisis Pemahaman Siswa dalam Memecahkan Masalah Aritmatika Sosial Berdasarkan Langkah Polya
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.6977Keywords:
kemampuan pemecahan masalah, langkah Polya, aritmatika sosial, pemahaman siswaAbstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa, untuk meningkat cara berpikir logis, kreatif, dan kritis dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan baik adalah menggunakan langkah pemecahan masalah Polya. Namun tidak semua siswa mampu memecahkan masalah aritmatika sosial menggunakan langkah pemecahan masalah Polya dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa tingkat SMP dalam memecahkan masalah aritmatika sosial berdasarkan langkah Polya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan secara acak kepada 30 siswa tingkat SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan wawancara terhadap siswa dan akan dinilai berdasarkan indikator yang terpenuhi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh indikator pemahaman masalah siswa 50%, perencanaan penyelesaian 70%, pelaksanaan rencana penyelesaian 40%, dan memeriksa kembali 23,33%. Maka berdasarkan hasil penelitian ini, siswa perlu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial menggunakan langkah Polya. Jika siswa mampu memecahkan masalah aritmatika sosial dengan baik dan benar, artinya mereka memiliki pemahaman yang baik terhadap materi aritmatika sosial tersebut.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Durratul Jannah Binti Abdullah Haris, Tatang Herman, Aan Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.