Penggunaan Strategi KWL (Know-Want-Learn) Terhadap Pembelajaran Membaca Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas X SMK Al – Washliyah Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i02.7Keywords:
Strategi KWL; Membaca teks deskriptifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji perbedaan yang signifikan membaca teks deskriptif antara siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui strategi K-W-L dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa strategi K-W-L pada siswa kelas 10 SMK Al – Washliyah Cirebon; (2) menguji keefektifan strategi K-W-L dalam pembelajaran membaca teks deskriptif pada siswa kelas 10 SMK Al – Washliyah Cirebon. Lokasi penelitiam ini dilaksanakan di SMK Al – Washliyah Kabupaten Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi eksperimen. Data diperoleh dengan pretest dan posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen. Adapun Instrumen validitas dan reliabilitas dilakukan dengan SPSS 17. Penelitian ini dilakukan di kelas X AP sebagai kelas kontrol dengan jumlah sample 26 dan kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sample 26 total keseluruhan sample 52 siswa. Sebelum menganalisis data dilakukan uji persyaratan data dengan menggunakan normalitas dan uji homogenitas dan diketahui hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa penelitian ini normal dan homogen. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh signifikan perbedaan antara siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran K-W-L (Know-Want-Learn) dan siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaran K-W-L (Know-Want-Learn terhadap pembelajaran membaca teks deskriptif pada siswa kelas 10 SMK Al – Washliyah Cirebon. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan data uji-t hitung posstest kelompok kontrol dan eksperimen lebih dari t tabel (3.407> 2.000). Nilai probabilitas (p) kurang dari 0,05 (p = 0,000 <0,05). (2) Terdapat pengaruh signifikan kefektifan penggunaan strategi K-W-L (Know-Want-Learn) terhadap kemampuan membaca teks deskriptif pada siswa kelas 10 SMK Al – Washliyah Cirebon. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t-test dan posttest kelompok eksperimen yang diperoleh dari t-tabel. Nilai probabilitas (p) kurang dari 0,05 (p = 0,000 <0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi KWL (Know-Want-Learn) sangat efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks deskriptif pada siswa kelas X SMK Al – Washliyah Cirebon