Kualitas Pelayanan Perizinan Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach dalam Proses Pembuatan Nomor Induk Berusaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Majalengka

Authors

  • Ratinah Ratinah Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Moh Taufik Hidayat Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Ipik Permana Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i12.7024

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Sistem Online Single Submission, Nomor Induk Berusaha, Risk Based Approach, Dinas Penanaman Modal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan perizinan melalui Sistem Online Single Submission (OSS) dengan pendekatan Risk Based Approach dalam proses pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Majalengka. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi OSS dalam pembuatan NIB telah memberikan kemudahan dan efisiensi bagi para pelaku usaha. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti pemahaman masyarakat yang masih terbatas terhadap sistem ini dan kebutuhan pelatihan bagi petugas. Kualitas pelayanan juga dipengaruhi oleh kecepatan respon, transparansi proses, dan aksesibilitas informasi. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah meneliti sistem pelayanan online single submission risk based oproach yang digunakan untuk pembuatan NIB lalu menemuka permasalahan dan jalan keluar agar proses perizinan pembuatan NIB dapat meningkat, NIB ini sebagai bukti legalitas para UMKM sehingga menemukan rekomendasi untuk perbaikan-perbaikan yang mencakup peningkatan sosialisasi mengenai OSS, penguatan kapasitas sumber daya manusia, serta perbaikan infrastruktur teknologi informasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan kebijakan pelayanan perizinan yang lebih baik di Kabupaten Majalengka.Adapun hasil Penelitian adalah : Pertama Kualitas pelayanan dalam dimensi system,strategy,people, dan contomer belum sepenuhnya optimal sehingga jumlah pembuat  NIB belum optimal, Kedua Kualitas pelayanan didukung oleh faktor-faktor pendukung dan menghadapi faktor-faktor penghambat yang dihadapi oleh para pegawai di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu Kab Majalengka, ketiga berbagai upaya telah dilakukan guna mengoptimalkan kualitas pelayanan perizinan di kab Majalengka untuk meningkatkan pelayanan menjadi lebih optimal

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Ratinah, R., Hidayat, M. T., & Permana, I. (2024). Kualitas Pelayanan Perizinan Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach dalam Proses Pembuatan Nomor Induk Berusaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Majalengka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(12), 2104–2112. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i12.7024