Penerapan Model Problem Based Learning Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Tutik Sriwahyuni Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Sarmini Sarmini Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • M. Jacky M. Jacky Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

hasil belajar, model, PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas IX SMPN 1 Jatirejo Untuk mencapai hasil belajar Ekonomi yang optimal perlu menerapkan model pembelajaran yang menarik seperti menerapkan model pembelajaran problem based learning. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa dalam melakukan kegiatan diskusi mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (54,73%), siklus II (71,04%), siklus III (92,10) Dalam penguasan materi juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63,32%), siklus II (73,68), siklus III (92,10)

Downloads

Published

2025-01-05

How to Cite

Sriwahyuni, T., Sarmini, S., & M. Jacky, M. J. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(12). Retrieved from https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/7086