Eksplorasi Strategi Afiliasi dalam Shopee Affiliates Program

Authors

  • Jihan Rofifah Departemen Manajemen Bisnis, Fakultas Desain Kreatif Dan Bisnis Digital, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Muhammad Saiful Hakim Departemen Manajemen Bisnis, Fakultas Desain Kreatif Dan Bisnis Digital, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Lissa Rosdiana Noer Departemen Manajemen Bisnis, Fakultas Desain Kreatif Dan Bisnis Digital, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Berto Mulia Wibawa Departemen Manajemen Bisnis, Fakultas Desain Kreatif Dan Bisnis Digital, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7116

Keywords:

affiliates marketing, content marketing, influencer marketing, personal preference

Abstract

Shopee Indonesia menjadi e-commerce yang menduduki peringkat teratas dalam kategori belanja di PlayStore dan AppStore. Untuk memperluas jaringan bisnisnya, Shopee menciptakan program Shopee Affiliate Program. Di Indonesia affiliate marketing baru ramai dibicarakan pada akhir tahun 2020, saat Shopee merilis Shopee Affiliates Program. Shopee Affiliates Program merupakan kegiatan pemasaran yang menghubungkan Shopee Seller, afiliasi dan pelanggan. Kegiatan pengiklanan para afiliasi tidak terlepas dari digital marketing. Digital marketing yang diterapkan dalam program ini berupa content marketing dan influecer marketing  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi afiliasi dalam Shopee Affiliates Program. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi kualitatif yang menggunakan metode penelitian in-depth interview kepada 10 afiliasi dan seorang expert dalam digital merketing mengingat keterbatasan penelitian terdahulu mengenai Affiliates Program. Penelitian ini akan berfokus kepada tiga analisis utama yaitu analisis personal preference seorang afiliasi dalam memilih produk, analisis content marketing dan analisis influencer marketing yang mereka lakukan. Urgensitas dilakukannya penelitian ini karena program afiliasi sudah dilakukan oleh beberapa platform, sementara penelitian mengenai affiliate marketing di Indonesia masih sangat terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memilih produk afiliasi mempertimbangkan komisi, reward, dan penilaian pembeli. Selain itu afiliasi juga memilih produk yang mereka pakai dan gunakan. Konten yang populer untuk mengiklankan produk afiliasi adalah konten yang merekomendasikan produk, review produk dan unboxing produk. Selain itu, setiap platform seperti Tiktok, Instagram dan Twitter memiliki perlakuan yang berbeda terkait followers. Sehingga dalam Tiktok akun non-influencer bisa menjangkau lebih banyak audiensi. Penelitian ini dapat menjadi kebaruan dalam ilmu marketing mengenai affiliate marketing. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi implikasi manajerial bagi Shopee, Shopee Seller yang ingin memperluas jangkauan produk dan meningkatkan penjualan serta untuk mereka yang ingin mendaftar menjadi seorang afiliasi Shopee.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Rofifah, J., Saiful Hakim, M., Noer, L. R. ., & Wibawa, B. M. . . (2025). Eksplorasi Strategi Afiliasi dalam Shopee Affiliates Program. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 736–753. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7116