Konsep Dasar Model Pembelajaran Islamic Parenting
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.7153Keywords:
Islamic parenting, pendidikan anak, tauhid, akhlak, pola asuh Islami, model pembelajaran, tantangan modernAbstract
Pendidikan anak dalam Islam menempati posisi penting sebagai bagian dari tanggung jawab orang tua untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia dan taat kepada Allah SWT. Islamic parenting adalah pola asuh yang menggabungkan nilai-nilai tauhid, akhlak, dan adab, dengan orang tua sebagai teladan utama dalam mendidik anak-anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep dasar model pembelajaran dalam Islamic parenting dan bagaimana penerapannya di tengah tantangan modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analitis, melalui studi kepustakaan dan wawancara mendalam dengan orang tua muslim yang menerapkan Islamic parenting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Islamic parenting tetap relevan dan efektif dalam membentuk karakter anak yang beriman dan berakhlak baik. Orang tua menerapkan berbagai strategi, seperti komunikasi yang efektif, penggunaan teknologi secara bijak, serta menjadikan rumah sebagai pusat pendidikan Islami, untuk menghadapi tantangan seperti pengaruh media dan lingkungan sekuler. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Islamic parenting, dengan fondasi ajaran Islam yang kuat, mampu menjadi model pembelajaran yang kokoh dalam mendidik anak-anak muslim meskipun berada di tengah era modernisasi
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Nopiana Sari Z, Muhammad Abid Al Faqh, Dini Septi Harianti, Sigit Prasetyo, Sibawaihi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.