Konsep Dasar Model Pembelajaran Islamic Parenting

Authors

  • Dinda Nopiana Sari Z Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Abid Al Faqh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Dini Septi Harianti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Sigit Prasetyo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Sibawaihi Sibawaihi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.7153

Keywords:

Islamic parenting, pendidikan anak, tauhid, akhlak, pola asuh Islami, model pembelajaran, tantangan modern

Abstract

Pendidikan anak dalam Islam menempati posisi penting sebagai bagian dari tanggung jawab orang tua untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia dan taat kepada Allah SWT. Islamic parenting adalah pola asuh yang menggabungkan nilai-nilai tauhid, akhlak, dan adab, dengan orang tua sebagai teladan utama dalam mendidik anak-anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep dasar model pembelajaran dalam Islamic parenting dan bagaimana penerapannya di tengah tantangan modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analitis, melalui studi kepustakaan dan wawancara mendalam dengan orang tua muslim yang menerapkan Islamic parenting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Islamic parenting tetap relevan dan efektif dalam membentuk karakter anak yang beriman dan berakhlak baik. Orang tua menerapkan berbagai strategi, seperti komunikasi yang efektif, penggunaan teknologi secara bijak, serta menjadikan rumah sebagai pusat pendidikan Islami, untuk menghadapi tantangan seperti pengaruh media dan lingkungan sekuler. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Islamic parenting, dengan fondasi ajaran Islam yang kuat, mampu menjadi model pembelajaran yang kokoh dalam mendidik anak-anak muslim meskipun berada di tengah era modernisasi

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Nopiana Sari Z, D., Al Faqh, M. A., Septi Harianti, D., Prasetyo, S., & Sibawaihi, S. (2025). Konsep Dasar Model Pembelajaran Islamic Parenting. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 501–508. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.7153