Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Pecahan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III/B SDI Wae Nakeng Kecamatan Lembor Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v3i05.722Keywords:
pecahan, benda-benda terdekat, pembelajaran matematika Realistik (PMR)Abstract
Hasil ulangan harian di kelas Matematika Pecahan menunjukkan jika pembelajaran kurang berhasil. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penguasaan materi pecahan diperlukan model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajarannya yaitu dengan menggunakan benda-benda terdekat yang realistis. Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan atau penguasaan materi pecahan pada siswa kelas III/B SDI Wae Nakeng. Lokasi penelitian ini adalah SDI Wae Nakeng, Kecamatan Lembor memiliki 23 siswa, terdiri dari 12 perempuan dan 11 laki-laki. Data penelitian ini berasal dari hasil wawancara, survei kuesioner, hasil observasi tindakan dan hasil evaluasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus didasarkan pada tahapan yaitu perencanaan kegiatan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi pasca analisis. Informasi yang dikumpulkan dalam pembelajaran sehari-hari diberikan penjelasan secara lisan, diberikan contoh-contoh, bahkan diberikan latihan soal, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, tetapi mereka tidak memanfaatkan kesempatan tersebut. Pengamatan peneliti terhadap pra tindakan menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi dalam belajar, cenderung merasa bosan dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Sebelum langkah Siklus I, 7 siswa menguasai skor, dan setelah langkah Siklus I, 13 siswa menguasai skor. Kolaborasi dan keaktifan siswa masih rendah karena perlu mendapat perhatian pada siklus kegiatan selanjutnya. Hasil Penilaian Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 60. Rata-rata nilai siswa pada Siklus II meningkat menjadi 76. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media hasil objek terdekat siswa saat melaksanakan pembelajaran pecahan berdampak positif terhadap hasil evaluasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.