Analisis Literasi AI Siswa Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Biologi Siswa Tingkat Menengah Atas

Authors

  • Sukhrul Ma’fud Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Kuningan
  • Zaenal Abidin Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7234

Keywords:

literasi ai, motivasi, prestasi belajar

Abstract

Dalam lingkungan pendidikan, AI mendapat perhatian khusus karena kemampuannya untuk menciptakan komunikasi yang intensif antara guru dan siswa melalui penggunaan asisten informasi virtual. sampel yang digunakan sebanyak 394 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei kuantitatif untuk mengukur tingkat literasi AI, prestasi, dan motivasi belajar siswa, serta pendekatan kualitatif untuk menganalisis hubungan antarvariabel secara deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa 366 responden telah menggunakan AI. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah terpapar dan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dalam kehidupan mereka, baik dalam konteks akademik maupun personal.  Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa literasi AI memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi akademik dan motivasi belajar siswa SMA. Sebagian besar siswa sudah terpapar dan memanfaatkan teknologi AI dalam kehidupan mereka, baik untuk tujuan akademik maupun personal. Penggunaan AI yang efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan akses yang cepat, pengalaman belajar yang mandiri, dan interaksi yang lebih personal.

Downloads

Published

2025-02-24

How to Cite

Ma’fud, S., & Abidin, Z. . (2025). Analisis Literasi AI Siswa Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Biologi Siswa Tingkat Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 844–857. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7234