Pelatihan Literasi Numerasi Anak SD dengan Metode Kolaboratif Meningkatkan Kemampuan Siswa Secara Signifikan
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7312Keywords:
Literasi Numerasi, Metode Kolaboratif, Kemampuan Siswa, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektivitasan metode atau cara kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa di Sekolah Dasar. Literasi dan Numerasi, yang didalamnya mencakup pemahaman dan kemampuan siswa dalam menguasai baca, tulis dan hitung dalam pembelajaran di sekolah. Hal ini menjadi salah satu keterampilan fundamental yang harus dikuasai sejak pembelajaran di SD. Penelitian ini dilakukan di SD YPK Silo Sisir, Distrik Saifi Kabupaten Sorong Selatan dengan melibatkan siswa kelas I sampai kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kolaboratif dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan literasi dan numerasi siswa secara signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ida Siti Hamidah, Zulfah rizka Purnama, Hermin Hermin, Kristina Tukan, Jackson Wuwute

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.