Pelatihan Literasi Numerasi Anak SD dengan Metode Kolaboratif Meningkatkan Kemampuan Siswa Secara Signifikan

Authors

  • Ida Siti Hamidah Universitas Werisar, Indonesia
  • Zulfah rizka Purnama Universitas Werisar, Indonesia
  • Hermin Hermin Universitas Werisar, Indonesia
  • Kristina Tukan Universitas Werisar, Indonesia
  • Jackson Wuwute Universitas Werisar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7312

Keywords:

Literasi Numerasi, Metode Kolaboratif, Kemampuan Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektivitasan metode atau cara kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa di Sekolah Dasar. Literasi dan Numerasi, yang didalamnya mencakup pemahaman dan kemampuan siswa dalam menguasai baca, tulis dan hitung dalam pembelajaran di sekolah. Hal ini menjadi salah satu keterampilan fundamental yang harus dikuasai sejak pembelajaran di SD. Penelitian ini dilakukan di SD YPK Silo Sisir, Distrik Saifi Kabupaten Sorong Selatan dengan melibatkan siswa kelas I sampai kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kolaboratif dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan literasi dan numerasi siswa secara signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Published

2025-02-03

How to Cite

Hamidah, I. S., Purnama, Z. rizka ., Hermin, H., Tukan, K. ., & Wuwute, J. . (2025). Pelatihan Literasi Numerasi Anak SD dengan Metode Kolaboratif Meningkatkan Kemampuan Siswa Secara Signifikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7312