Hubungan Dukungan Sosial dan Penerimaan Diri terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Perantauan Penyusun Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7369Keywords:
Social Support, Self-Acceptance, Psychological Well-being, StudentsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara dukungan sosial dan penerimaan diri dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa perantau yang sedang menyusun skripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala dukungan sosial, penerimaan diri, dan kesejahteraan psikologis dengan model skala Likert. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi berganda dengan bantuan SPSS versi 16.0 for Windows. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 121 mahasiswa perantau yang masih aktif berkuliah dan sedang menyusun skripsi di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan rentang usia 18-25 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesejahteraan psikologis, dukungan sosial, dan penerimaan diri pada mahasiswa perantau yang sedang menyusun skripsi (p = 0,000 < 0,05). Tingkat korelasi hubungan ini tergolong rendah dengan nilai r = 0,342 atau 34,2%. Dari hasil penelitian ini, diharapkan mahasiswa perantauan yang sedang menyusun skripsi mampu meningkatkan dukungan sosial dan meningkatkan rasa penerimaan diri secara positif, sehingga kesejahteraan psikologis mereka dapat meningkat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Layly Novita Sari, Fildzah Malahati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.















