Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Interaktif Berbasis STEM-PBL Berbantuan Articulate Storyline 3 Materi Energi untuk Meningkatkan Kemampuan System Thinking Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Lauressya Mega Safitri Universitas Lampung
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Lampung
  • Pramita Sylvia Dewi Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7447

Keywords:

System Thingking, STEM-PBL, Articulate Storyline, Media Pembelajaran Interaktif

Abstract

Di era Society 5.0, kemampuan berpikir sistem (ST) sangat penting untuk memecahkan masalah kompleks. Namun, metode pembelajaran berpusat guru di SD Indonesia menghambat pengembangan ST, dengan minimnya penggunaan media interaktif berbasis STEM. Mengembangkan dan menguji media pembelajaran STEM-PBL interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan ST siswa kelas V. Dengan desain mixed-method sequential embedded, penelitian melibatkan 40 siswa SD Negeri 2 Merak Belantung. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, angket kepraktisan, dan analisis ANCOVA. Media dinyatakan sangat layak (83,82% materi, 92,70% media, 90% bahasa) dan praktis (89,96% persetujuan siswa). ANCOVA membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan ST (p = 0,00), dengan peningkatan rata-rata 66% pada indikator ST. Studi ini menyediakan model replikabel untuk integrasi teknologi dan pedagogi student-centric, mendukung inovasi kurikulum di pendidikan dasar.

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Safitri, L. M., Abdurrahman, A., & Dewi, P. S. . (2025). Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Interaktif Berbasis STEM-PBL Berbantuan Articulate Storyline 3 Materi Energi untuk Meningkatkan Kemampuan System Thinking Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(4), 1874–1894. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7447