English Teachers' Strategies in The Implementation of Digital-Based Literacy in Candi State Elementary School, Sidoarjo Regency

Authors

  • Rheny Puspita Ratih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Endah Yulia Rahayu Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Agung Pramujiono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i3.7460

Keywords:

teacher strategy, digital literacy application, elementary school

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital telah mengubah banyak industri, termasuk pendidikan. Integrasi teknologi dalam pembelajaran telah menyebabkan perubahan signifikan dalam cara pendidikan disampaikan dan dialami oleh guru dan siswa. Salah satu aspek utama dari transformasi ini adalah digitalisasi organisasi pembelajaran, yang melibatkan integrasi teknologi digital ke dalam berbagai aspek lembaga Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar dalam Menerapkan Literasi Berbasis Digital di Kelas Atas Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan di tiga Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Candi pada semester ganjil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam menerapkan literasi digital di kelas atas memperoleh informasi yang valid. Dengan berbagai strategi yang telah digunakan guru dapat meningkatkan rasa ingin tahu, dengan menyiapkan rencana pembelajaran yang menarik, menyiapkan media yang akan digunakan seperti, komputer, handphone, internet, perpustakaan digital, proyektor. tahap pelaksanaan, guru telah melaksanakan apa yang telah direncanakan dan dipersiapkan sebelumnya. Guru melaksanakan kegiatan literasi digital melalui proses membaca, seperti dengan mengetahui, membaca dan memahami metode. Guru juga menggunakan media seperti video, handphone, internet dan komputer. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu guru kelas unggulan SDN Kecamatan Candi telah menerapkan strategi guru dalam melaksanakan kegiatan literasi digital di sekolah dasar melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil. Pada tahapan tersebut literasi digital yaitu mengetahui, membaca dan memahami.

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Ratih, R. P., Rahayu, E. Y. ., & Pramujiono, A. . (2025). English Teachers’ Strategies in The Implementation of Digital-Based Literacy in Candi State Elementary School, Sidoarjo Regency. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(3), 1348–1356. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i3.7460