Pengaruh Affiliate Marketing dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen dengan Harga Sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa UPI YPTK yang Menggunakan TikTok Shop
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i5.7485Keywords:
affiliate marketing, brand image, minat beli dan hargaAbstract
Riset ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Affiliate Marketing dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen dengan Harga sebagai variabel mediasi pada mahasiswa yang menggunakan TikTok Shop. Dengan menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei terhadap 100 responden, kemudian dianalisis dengan SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Affiliate Marketing dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap mahasiswa UPI YPTK yang menggunakan TikTok Shop, sementara Brand Image juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Harga. Meskipun Affiliate Marketing memiliki pengaruh positif terhadap Minat Beli, pengaruh tersebut tidak signifikan, berbeda dengan Brand Image dan Harga yang keduanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Selain itu, Harga terbukti memediasi pengaruh Affiliate Marketing terhadap Minat Beli, sehingga meningkatkan signifikansinya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Brand Image dan Harga memainkan peran penting dalam meningkatkan Minat Beli mahasiswa pengguna TikTok Shop, sementara Affiliate Marketing membutuhkan faktor tambahan untuk dapat lebih berpengaruh secara signifikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuretno Zaskia, Yulasmi, Deni Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.