Pengaruh Budaya Organisasi, Kualitas Sumber Daya Manusia, Motivasi, dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai di Kantor ATR/BPN Kabupaten Bandung

Authors

  • Novianti Syafrina Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Mariana Rachmawati Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7655

Keywords:

Budaya Organisasi, Kualitas Sumber Daya Manusia, Motivasi, Disiplin, Kinerja Pegawai

Abstract

Kinerja pegawai di instansi pemerintah sangat penting untuk tata kelola yang efektif. Penelitian ini secara khusus difokuskan pada lingkungan kerja Kantor ATR/BPN Kabupaten Bandung, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana budaya organisasi, kualitas sumber daya manusia, motivasi, dan disiplin kerja membentuk serta mempengaruhi kinerja pegawai. Dengan pendekatan analisis secara parsial maupun simultan, penelitian ini berupaya menggali keterkaitan antar variabel tersebut secara lebih kontekstual, sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi empiris yang orisinal dalam pengembangan strategi peningkatan kinerja pegawai, khususnya di instansi pemerintah yang memiliki peran strategis dalam pengelolaan agraria dan tata ruang. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner (skala Likert 1–5) dari seluruh 68 pegawai (total sampling). Analisis regresi linier berganda dilakukan dengan SPSS v23. Semua variabel berpengaruh signifikan, dengan disiplin (X4) sebagai prediktor terkuat (56,10%). Model regresi menjelaskan 85,2% varians kinerja (R² = 0,852). Penelitian menekankan pentingnya kebijakan SDM holistik, khususnya dalam mendorong disiplin dan budaya organisasi, untuk meningkatkan efisiensi sektor publik. Penelitian selanjutnya dapat memperluas sampel dan menggabungkan metode kualitatif.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Syafrina, N., & Rachmawati, M. (2025). Pengaruh Budaya Organisasi, Kualitas Sumber Daya Manusia, Motivasi, dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai di Kantor ATR/BPN Kabupaten Bandung . Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(4), 2030–2044. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7655