Membangun Pendidikan Berkeadilan: Mengatasi Masalah Pemerataan Pendidikan Antara Daerah dan Perkotaan

Authors

  • Tanti Nurmala Sari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Jasiah Jasiah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7661

Keywords:

Pemerataan Pendidikan, Sarana dan Prasarana Pendidikan, Kualitas Pendidikan

Abstract

Ketimpangan pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah 3T (tertinggal, terluar, terpencil), terus terjadi akibat kesenjangan infrastruktur, distribusi guru, dan akses teknologi. Studi ini bertujuan mengidentifikasi celah sistemik dan menawarkan solusi terintegrasi melalui evaluasi kebijakan, inovasi teknologi, dan kolaborasi multisektoral. Pendekatan campuran (studi literatur), pemetaan GIS, dan studi kasus kualitatif di daerah 3T. Masalah utama meliputi implementasi kebijakan yang tidak efektif dan kurangnya teknologi adaptif. Solusi mencakup alat digital offline, model insentif guru, dan program pendidikan berbasis masyarakat. Penelitian mendorong desentralisasi kebijakan, kemitraan publik-swasta, dan pemerataan berbasis teknologi sebagai kerangka mengurangi kesenjangan sosioekonomi jangka panjang.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Sari, T. N., & Jasiah, J. (2025). Membangun Pendidikan Berkeadilan: Mengatasi Masalah Pemerataan Pendidikan Antara Daerah dan Perkotaan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(4), 1732–1740. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7661