Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Materi Bangun Ruang di SD Negeri 1 Mempawah Hilir
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7668Keywords:
media pembelajaran, pop-up book, ADDIE, responAbstract
Siswa SD sering kesulitan memahami geometri spasial akibat kurangnya media interaktif. Penelitian ini mengembangkan buku pop-up untuk bangun ruang (kubus) berbasis model ADDIE. Merancang, memvalidasi, dan mengevaluasi kelayakan buku pop-up serta dampaknya pada keterlibatan siswa. Melibatkan analisis kebutuhan, desain (Canva), validasi ahli, dan uji coba dengan 30 siswa/guru di SD Negeri 1 Mempawah Hilir. Data dikumpulkan melalui angket skala Likert dan observasi. Buku pop-up sangat layak (konten: 93%, teknis: 97%, pedagogis: 86%) dan mendapat respons positif dari guru (96%) dan siswa (84%). Hasil membuktikan efektivitas buku pop-up untuk geometri spasial, dengan rekomendasi pengembangan berbasis AR/PPT di masa depan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Insyra Rania Athala, Dede Suratman, Revi Lestari Pasaribu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.