Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Materi Bangun Ruang di SD Negeri 1 Mempawah Hilir

Authors

  • Insyra Rania Athala Universitas Tanjungpura
  • Dede Suratman Universitas Tanjungpura
  • Revi Lestari Pasaribu Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7668

Keywords:

media pembelajaran, pop-up book, ADDIE, respon

Abstract

Siswa SD sering kesulitan memahami geometri spasial akibat kurangnya media interaktif. Penelitian ini mengembangkan buku pop-up untuk bangun ruang (kubus) berbasis model ADDIE. Merancang, memvalidasi, dan mengevaluasi kelayakan buku pop-up serta dampaknya pada keterlibatan siswa. Melibatkan analisis kebutuhan, desain (Canva), validasi ahli, dan uji coba dengan 30 siswa/guru di SD Negeri 1 Mempawah Hilir. Data dikumpulkan melalui angket skala Likert dan observasi. Buku pop-up sangat layak (konten: 93%, teknis: 97%, pedagogis: 86%) dan mendapat respons positif dari guru (96%) dan siswa (84%). Hasil membuktikan efektivitas buku pop-up untuk geometri spasial, dengan rekomendasi pengembangan berbasis AR/PPT di masa depan.

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Athala, I. R., Suratman, D. ., & Pasaribu, R. L. . (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Materi Bangun Ruang di SD Negeri 1 Mempawah Hilir. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(4), 1808–1816. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7668