Nilai-Nilai Kepemimpinan Khalifah Harun Al-Rasyid dan Kontribusinya terhadap Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Lia Eka Putri K Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • La Jusu Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • Madi Madi Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7674

Keywords:

-

Abstract

Era Abbasiyah, khususnya di bawah Khalifah Harun Al-Rasyid, menandai zaman keemasan pendidikan Islam, namun prinsip-prinsip kepemimpinannya masih kurang dieksplorasi dalam konteks pedagogis modern. Studi ini mengkaji nilai-nilai kepemimpinan Harun Al-Rasyid (keadilan, inklusivitas, dan tata kelola etis) dan kontribusinya terhadap lembaga pendidikan Islam, dengan fokus pada peran Bait al-Hikmah sebagai pusat multidisiplin. Menggunakan penelitian perpustakaan kualitatif, penelitian ini menganalisis sumber sejarah dan literatur kontemporer untuk menarik paralel antara tantangan pendidikan klasik dan modern. Kepemimpinan Harun Al-Rasyid menumbuhkan lingkungan yang inklusif dan berpusat pada pengetahuan, dengan Bait al-Hikmah berfungsi sebagai model untuk pembelajaran kolaboratif dan kemajuan intelektual. Kebijakannya menekankan akses yang adil dan integrasi kurikulum, menawarkan pelajaran untuk mengatasi kesenjangan dalam pendidikan Islam modern. Penelitian ini menggarisbawahi relevansi kepemimpinan Islam klasik dalam pengaturan kontemporer, mengadvokasi strategi adaptif untuk meningkatkan kesetaraan dan kualitas pendidikan.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Putri K, L. E., Jusu, L. ., & Madi, M. (2025). Nilai-Nilai Kepemimpinan Khalifah Harun Al-Rasyid dan Kontribusinya terhadap Lembaga Pendidikan Islam . Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(4), 2086–2096. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7674