Peningkatan Kemampuan Mencocokkan Anak TK B Melalui Media Puzzle Shape Memory Game (PTK di KB Tunas Harapan Darmo Kec. Lawang Kidul Tahun 2025)

Authors

  • Pasya Zafa Ramada Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7676

Keywords:

Kemampuan Mencocokkan, Teka-teki, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan mencocokkan bentuk anak usia 5-6 tahun di KB Tunas Harapan Darmo menggunakan Puzzle Shape Memory Game. Dilaksanakan dalam dua siklus (model Kemmis & McTaggart) dengan 16 subjek, data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil awal menunjukkan kemampuan geometri terbatas (39,68%). Siklus I, dengan aktivitas puzzle terbimbing, meningkatkan kemampuan mencocokkan menjadi 58,1%. Siklus II menyempurnakan metode melalui tugas individu dan reward, mencapai 86,25%, melampaui target 73%-86%. Temuan membuktikan media ini efektif merangsang kognitif dan keterampilan mencocokkan anak melalui permainan terstruktur. Studi ini merekomendasikan penggunaan media berbasis permainan di PAUD, mendorong partisipasi aktif, dan pengembangan alat inovatif untuk pembelajaran.

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Ramada, P. Z. (2025). Peningkatan Kemampuan Mencocokkan Anak TK B Melalui Media Puzzle Shape Memory Game (PTK di KB Tunas Harapan Darmo Kec. Lawang Kidul Tahun 2025). Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(4), 2120–2138. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7676