PENERAPAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA TADIKA AL FIKH ORCHARD SELANGOR MALAYSIA

Authors

  • Raihan Adhatia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rahmayati Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7705

Keywords:

anak-anak, literasi keuangan, meningkatkan

Abstract

Rendahnya tingkat pemahaman masyarakat terhadap konsep keuangan syariah, termasuk di kalangan anak-anak usia dini, menjadi tantangan besar dalam membentuk generasi yang melek literasi keuangan sesuai prinsip syariah. Padahal, penanaman nilai-nilai literasi keuangan sejak dini sangat penting sebagai bekal untuk membentuk perilaku bijak dalam mengelola keuangan dan menghindari praktik-praktik yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan agar dapat membahas betapa pentingnya penerapan literasi keuangan syariah dan meningkatkan pemahaman tentang keuangan sebagai bekal bagi anak-anak usia dini di tadika. Metode yang diterapkan berupa metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara bersama pihak tadika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah belum diterapkan secara formal di lingkungan Tadika, namun terdapat potensi besar dalam penerapannya melalui pendekatan yang menyenangkan seperti permainan edukatif dan kegiatan sedekah. Penerapan literasi keuangan syariah terbukti mampu meningkatkan pemahaman anak-anak tentang konsep menabung, membedakan kebutuhan dan keinginan, serta membentuk sikap hemat sesuai prinsip syariah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi keuangan syariah yang diterapkan sejak usia dini memiliki dampak positif dalam membentuk karakter dan kebiasaan keuangan anak yang sesuai dengan ajaran Islam.

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

Adhatia, R., & Rahmayati. (2025). PENERAPAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA TADIKA AL FIKH ORCHARD SELANGOR MALAYSIA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(4), 1696–1702. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7705