PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR DI PAUD ALFARIZI BANYUASIN

Authors

  • Wanda Rovimelia Universitas Sriwijaya
  • Sri Sumarni Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i5.7745

Keywords:

Kemampuan Berbicara, Metode Cerita Bergambar, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan  berbicara merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di  PAUD Alfarizi Banyuasin melalui metode cerita bergambar. Jenis metode yang digunakan yaitu PTK model Kemmis dan MC Taggart. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi dan dokumentasi untuk mengetahui kemampuan berbicara anak serta memperoleh informasi yang muncul pada penelitian ini. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 15 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 perempuan. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode cerita bergambar yakni dengan rata-rata 58% pada siklus I dan meningkat 79% pada siklus II terbukti bahwa metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.

Downloads

Published

2025-05-19

How to Cite

Rovimelia, W., & Sumarni, S. . (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR DI PAUD ALFARIZI BANYUASIN. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(5), 2267–2276. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i5.7745