Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Deep Learning

Authors

  • Siti Rabiatul Aliyah Universitas Kutai Kartanegara
  • Nuni Norlianti Universitas Kutai Kartanegara
  • Mukmin Mukmin Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i5.7798

Keywords:

Deep Learning, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum, Karakter Siswa

Abstract

Pendekatan deep learning dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan penting dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, kritis, dan reflektif. Metode ini membantu siswa tidak hanya menghafal ajaran agama, tetapi juga memahami maknanya secara mendalam serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menganalisis relevansi deep learning dalam kurikulum PAI, khususnya dalam membentuk karakter, meningkatkan pemahaman agama, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan reflektif. Hasil kajian menunjukkan bahwa deep learning sejalan dengan tujuan PAI dalam membentuk moral dan akhlak siswa. Metode ini mendorong keterlibatan aktif, refleksi diri, serta diskusi kritis, sehingga siswa dapat memahami ajaran Islam secara kontekstual. Selain itu, pendekatan ini meningkatkan kesadaran sosial, sikap toleransi, dan keterbukaan dalam beragama.Penerapan deep learning dalam PAI terbukti meningkatkan pemahaman agama secara mendalam dan relevan dengan tantangan zaman. Oleh karena itu, integrasi metode ini dalam kurikulum PAI menjadi strategi efektif untuk membentuk siswa yang tidak hanya memahami ajaran agama secara tekstual, tetapi juga mampu menerapkannya dengan pemikiran yang kritis dan reflektif.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Aliyah, S. R., Norlianti, N. ., & Mukmin, M. (2025). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Deep Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(5), 2341–2354. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i5.7798