Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Deep Learning
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i5.7798Keywords:
Deep Learning, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum, Karakter SiswaAbstract
Pendekatan deep learning dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan penting dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, kritis, dan reflektif. Metode ini membantu siswa tidak hanya menghafal ajaran agama, tetapi juga memahami maknanya secara mendalam serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menganalisis relevansi deep learning dalam kurikulum PAI, khususnya dalam membentuk karakter, meningkatkan pemahaman agama, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan reflektif. Hasil kajian menunjukkan bahwa deep learning sejalan dengan tujuan PAI dalam membentuk moral dan akhlak siswa. Metode ini mendorong keterlibatan aktif, refleksi diri, serta diskusi kritis, sehingga siswa dapat memahami ajaran Islam secara kontekstual. Selain itu, pendekatan ini meningkatkan kesadaran sosial, sikap toleransi, dan keterbukaan dalam beragama.Penerapan deep learning dalam PAI terbukti meningkatkan pemahaman agama secara mendalam dan relevan dengan tantangan zaman. Oleh karena itu, integrasi metode ini dalam kurikulum PAI menjadi strategi efektif untuk membentuk siswa yang tidak hanya memahami ajaran agama secara tekstual, tetapi juga mampu menerapkannya dengan pemikiran yang kritis dan reflektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Rabiatul Aliyah, Nuni Norlianti, Mukmin Mukmin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.