Analisis Penggunaan Arkas Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) Di Smp Negeri Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Tanti Suteja Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Safuan Universitas Esa Unggul, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i6.7965

Keywords:

ARKAS, BOSP funds, school financial management, digitalization, accountability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) dalam pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) di SMP Negeri Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, serta bendahara sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ARKAS memberikan dampak positif terhadap efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi dalam perencanaan, penatausahaan, serta pelaporan dana BOSP. Namun demikian, kendala seperti keterbatasan jaringan internet dan kebutuhan pelatihan operator masih menjadi hambatan dalam optimalisasi aplikasi. Secara keseluruhan, ARKAS merupakan solusi digital yang efektif dalam pengelolaan keuangan sekolah, meskipun membutuhkan dukungan infrastruktur dan penguatan kapasitas sumber daya manusia.

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Suteja, T., & Safuan, S. (2025). Analisis Penggunaan Arkas Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) Di Smp Negeri Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(6). https://doi.org/10.59141/japendi.v6i6.7965