Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sehari-Hari di SD Islam Terpadu Al-Rahmah Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i01.8Keywords:
Pendidikan Karakter; Pembiasaan Sehari-hariAbstract
Penelitian dilakukan di SD Islam Terpadu Al-Rahmah, dengan
subyek penelitian adalah seluruh siswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan,
wawancara, dan dokumentasi. Analsisis data dilakukan dengan
memberikan penjelasan terhadap data yang telah dikumpulkan.
Pemeriksaan data dilakukan dengan melakukan triangulasi
atau membandingkan data dari berbagai sumber dan ditarik
kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga
simpulan. Pertama implementasi pendidikan karakter melalui
pembiasaan sehari-hari yang diterapkan di SD Islam Terpadu
Al Rahmah telah ditetapkan sejak awal berdirinya sekolah,
namun sejak tahun 2017 ada perubahan mengenai pembiasaan
sehari-hari guna mendorong peserta didik agar lebih
mengutamakan sikap yang baik dan memiliki perilaku sopan
dan santun. Kedua, mengenai faktor pendorong dan
penghambat yang akan menjadikan proses dalam menerapkan
karakter itu sendiri dan yang ketiga adalah solusi dari
permasalahan yang dihadapi sebab untuk menerapkan
pendidikan karakter butuh proses waktu yang tidak sedikit,
selain itu membutuhkan kerjasama antara kepala sekolah,
guru-guru, peserta didik juga orangtua peserta didik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.