Efektivitas Penggunaan Aplikasi Ciputra Hub Dalam Memudahkan Penghuni Area Ciputra Dalam Transaksi Dan Informasi (Studi Kasus Aplikasi Ciputra Hub)
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i6.8020Keywords:
Ciputra Hub Application, Effectiveness, GadgetsAbstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pesat telah mengubah sistem manajemen transaksi dan informasi, khususnya dalam industri perumahan. Aplikasi Ciputra Hub merupakan transformasi digital yang bertujuan mempermudah proses administratif dan transaksi yang sebelumnya mengharuskan kunjungan fisik. Meskipun memiliki banyak keuntungan, adopsi aplikasi ini menghadapi tantangan, termasuk keterlambatan transaksi bulanan, keengganan untuk mengunduh aplikasi, dan kurangnya sosialisasi fitur aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penggunaan aplikasi Ciputra Hub di kalangan penggunanya, khususnya penghuni Ciputra, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi penggunaannya. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada penghuni Ciputra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya tingkat adopsi aplikasi ini disebabkan oleh minimnya sosialisasi dan kebiasaan penghuni yang lebih memilih transaksi langsung ke Kantor Manajemen Layanan Ciputra. Penelitian ini menyoroti perlunya upaya komunikasi dan edukasi yang lebih baik terkait transformasi digital untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan sosialisasi dan kesadaran fitur aplikasi dapat meningkatkan penggunaan aplikasi, yang pada gilirannya dapat memperbaiki efisiensi transaksi dan kepuasan pengguna.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nurfalah, Safuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.