Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 1 Ngadikusuman
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i8.8409Keywords:
Problem Based Learning, Motivasi, Prestasi Belajar, MatematikaAbstract
Melalui pemanfaatn pembelajaran model Problem Base Learning (PBL) dengan bantuan sumer belajar berbasis powerpoint, peneliti berupaya guna mengembangkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 1 Ngadikusuman. Pada awalnya, kurangnya antusiasme siswa dan keyakinan bahwa matematika itu sulit merupakakan indicator motivasi belajar yang rendah. Karena hasil tersebut dapat menarik secara visual dan relevan dengan situasi dunia nyata, siswa jauh lebih termotivasi untuk berpikir, berdiskusi, dan memecahkan masalah setelah menggunakan model PBL dengan bantuan media powerpoint diterapkan. Peningkatan rata-rata dari 68,93 menjadi 71,61 dan nilai terendah 50 menjadi 66 menunjukan bahwa adanya peningkatan yang positif pada prestasi belajar, meskipun siswa sudah memahami konsep materi, kesalahan dalam perhitunagn bilangan bulat masih terjadi. Akibatnya memerlukan strategi yang unik untuk memperbaiki hal tersebut. Peneliti ini menunjukan efektivitas model PBL dalam mengembangkan dorongan serta prestasi belajar matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Talita Permata Wiedlovira, Sri Muryaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.