Meningkatkan Kemampuan Numerik pada Anak Usia 5-6 Tahun dengan Media “Warna Yang Hilang”

Authors

  • Mardhiyah Rasyidah Yusuf Universitas Muhammadiyah Jember
  • Khoiriyah Khoiriyah Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i8.8488

Keywords:

Kemampuan numerik, Media pembelajaran, Media “warna yang hilang”

Abstract

Kemampuan numerik merupakan kemampuan kognitif untuk menghitung, mengukur, memahami, dan menginterpretasi perhitungan matematis. Pada saat observasi awal, pembelajaran di sekolah pada anak usia 5-6 tahun, hanya berfokus pada pengerjaan lembar kerja. Sehingga didapatkan hasil bahwa hanya 18,2% anak mengetahui tentang bilangan. Maka, peneliti mencoba menggunakan bantuan media “warna yang hilang” dalam meninggkatkan kemampuan nuumerik anak usia 5-6 tahun tersebut. Media “warna yang hilang” ini dikemas menarik dalam konsep sains, yaitu pembiasan cahaya. Cara kerjanya menggunakan kartu bilangan yang dicelupkan ke dalam wadah berisi air. Kemudian kartu diamati dari atas dengan posisi tegak lurus. Sehingga warna pada kartu bilangan akan tampak menghilang. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, yang diberikan pada kelas B-1, melalui pembelajaran tatap muka, di TK Kartika IV-70, Lumajang, pada semester genap, tahun ajaran 2024-2025. Hasil yang didapat selama observasi yaitu 72,7% anak memiliki ketertarikan dalam memahami angka 1-10 dan kemampuan numeriknya meningkat, setelah pembelajaran menggunakan media “warna yang hiilang”.

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Yusuf, M. R., & Khoiriyah, . K. (2025). Meningkatkan Kemampuan Numerik pada Anak Usia 5-6 Tahun dengan Media “Warna Yang Hilang” . Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(8), 3434–3443. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i8.8488