Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pemberian Reward Terhadap Kinerja Guru di Sma Negeri Satu Tondano
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i8.8533Keywords:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Reward dan Punishment, Kinerja GuruAbstract
Adapun tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam memotivasi guru sebagai motor pengenggerak dan pemberikan reward dan punishment dari pihak sekolah dapat meningkatkan kinerja para guru dalam melaksanakan tugan pendidika dan pengajaran di SMA Negeri Satu Kabupatenn Minahasa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 67 Guru SMA Negeri Satu Tondano. Kuesioner sebagai instrument penelitian, mengukur persepsi guru terhadap pemberian motivasi kepala sekolah dan reward/punishment untuk meningkatka kinerja mereka. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis dengan alat annalisis data menggunakan korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan mottivasi bagi para guru dalam pelaksanaan tugas pendidikan dan pengajaran dapat meningkatkan kinerja guru. Kepala Sekolah memberi reward maupun punishment bagi para guru dapat mendorang para guru memiliki kinerja yang tinggi. Pemberian motivasi kepala sekolah dengan tepat dan adil cenderung meningkatkan kinerja kerja guru yang positif. Penerapan punishment yang konsistensi secara proporsional kepada guru dapat membantu mengurangi perilaku negatif dan meningkatkan kepatuhan terhadap pelaksanaan tugas pendidikan dan pengajaran dan mendorong kinirja guru secara optimal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meike Mamentu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.