Hubungan Aktivitas Fisik dan Waktu Layar Terhadap Kesehatan Mental

Authors

  • Adelina Dhinik Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya
  • Taufiq Hidayat Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i8.8545

Keywords:

Aktivitas fisik, waktu layar, kesehatan mental, stres, kecemasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan aktivitas fisik dan waktu layar terhadap kesehatan mental khususnya pada domain stres dan kecemasan siswa. Penelitian menggunakan desain korelasional untuk melihat keterkaitan serta arah hubungan ketiga variabel. Sampel penelitian sebanyak 41 siswa dari SMA Labschool UNESA kelas 11. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan menggunakan 3 kuesioner yaitu International Physical Activity Questionnaire Long Form (IPAQ-LF), Questionnaire for Screen Time (QueST), dan Depression Anxiety Stress Scale (DASS 42). Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dan waktu layar terhadap kesehatan mental siswa (pada domain stres dan kecemasan). Aktivitas fisik berkorelasi secara negatif terhadap kesehatan mental, dimana semakin tinggi tingkat aktivitas fisik maka kecenderungan stres dan kecemasan akan semakin rendah. Sebaliknya waktu layar berkorelasi secara positif terhadap kesehatan mental, semakin tinggi durasi waktu layar maka semakin tinggi pula kecenderungan stres dan kecemasan siswa.

Downloads

Published

2025-08-23

How to Cite

Adelina Dhinik Puspitasari, Ridwan, M. ., & Hidayat, T. . (2025). Hubungan Aktivitas Fisik dan Waktu Layar Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(8), 4124–4232. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i8.8545