Integrasi Ekonomi Hijau dalam Kurikulum dan Pembelajaran Ekonomi di Sekolah (Membangun Generasi Peduli Lingkungan Melalui Pendidikan Ekonomi Berkelanjutan)
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i8.8554Keywords:
Ekonomi Hijau, Kurikulum, Pembelajaran EkonomiAbstract
Integrasi konsep ekonomi hijau dalam pendidikan ekonomi di tingkat sekolah menjadi langkah strategis untuk mendukung agenda pembangunan berkelanjutan Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045 dan target Net Zero Emission 2060. Penelitian ini bertujuan untuk membahas secara komprehensif tentang pentingnya integrasi ekonomi hijau dalam kurikulum dan pembelajaran ekonomi di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis studi literatur untuk mengkaji urgensi, tantangan, dan strategi implementasi pendidikan ekonomi hijau dalam konteks kebijakan nasional dan dinamika global terkini. Hasil kajian menunjukkan bahwa standardisasi indikator pembelajaran berbasis keberlanjutan, pengembangan bahan ajar kontekstual, pelatihan guru berkelanjutan, serta penguatan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, sekolah, dan masyarakat menjadi kunci utama dalam membangun ekosistem pendidikan hijau nasional. Di tengah perubahan kebijakan energi global, seperti kebijakan Amerika Serikat yang mengurangi dukungan terhadap proyek energi terbarukan, Indonesia perlu memperkuat kemandirian ekosistem pendidikan dan industrinya. Penelitian ini merekomendasikan penguatan asesmen berbasis kompetensi hijau, pembaruan kurikulum, peningkatan kapasitas pendidik, serta riset longitudinal untuk mengevaluasi efektivitas integrasi ekonomi hijau dalam membentuk generasi berwawasan keberlanjutan dan berdaya saing global.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Arif Liputo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.