Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Sikap Terhadap Pekerjaan Dengan Kinerja Dosen
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i8.8563Keywords:
motivation to perform, attitude towards work, Lecturer PerformanceAbstract
Kinerja dosen merupakan faktor strategis dalam menentukan kualitas perguruan tinggi, terutama di institusi vokasi yang menuntut kompetensi akademik dan keterampilan praktis sekaligus. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan sikap terhadap pekerjaan dengan kinerja dosen di Politeknik Industri Petrokimia Banten, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Sampel berjumlah 38 dosen tetap yang diambil dengan teknik sensus. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert 5 poin, diuji validitas dengan korelasi Pearson Product Moment, dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Analisis data meliputi uji korelasi Pearson, regresi linier berganda, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan motivasi berprestasi berhubungan positif dan signifikan dengan kinerja dosen (r = 0,409; p < 0,05), begitu pula sikap terhadap pekerjaan (r = 0,396; p < 0,05). Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap kinerja (F = 5,490; p = 0,008) dengan kontribusi sebesar 23,9%. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan motivasi dan pembentukan sikap kerja positif merupakan strategi penting untuk mendorong kinerja dosen pada pendidikan vokasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Endang Jaelani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.